Pengertian Brainware Komputer

Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :

A. System Analyst

System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.

Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

B. Programmer

Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

C. Administrator

Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

D. Operator

Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.

Referensi:
http://laksamana-embun.blogspot.com/

50 komentar:

  1. Terimakasih mas
    Tugaspun dari guru TIK pun akhirnya sudah saya selesaikan
    terimakasih sekali lagi

    BalasHapus
  2. Ikut sedot min. Matur suwun. :)

    BalasHapus
  3. aduhh terimakasih sekali. membantu banget :))))

    BalasHapus
  4. Thanks sob Infonya, mampir dimari juga yach...
    www.tubeave.com

    BalasHapus
  5. makasih mas,membantu sekali.berarti brainware itu yang menjalankan komputernya yah kalau tidak ada brainware ya komputernya ga bisa nyala :D
    Tutorial

    BalasHapus
  6. bagi teman - teman yang bingung mencari refrensi tugas matakuliah sistem informasi,
    makalah sistem informasi, praktikum. silahkan saja >>klik disini<< share berbagai hal yang berhubungan dengan
    ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya
    seputar sistem informasi silahkan >>Klik Disini<<

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Mantap postingnya gan, sangat bermanfaat. Terima kasih..

    BalasHapus
  9. orang yang ahli menjalankan komputer disebut?

    BalasHapus
  10. Sudah Lama Bermain Tapi Tidak Pernah Menang?
    Silahkan di Coba Keberuntungan Anda Bersama Kami di WWW.AREATOTO.WIN
    Nantikan Juga Bonus Bonus Menarik Dari Kami

    BalasHapus
  11. Informasi yang berguna, terima kasih.

    atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  12. Penjelasan yang cukup lengkap tentang Braiware komputer. Sangat bermanfaat dan menambah ilmu saya. Artikel yang cukup lengkap pembahasannya tentang Brainware. Terimakasih.

    Izin share blog ya
    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dan kunjungi pula
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  13. ayam sabung (Cockfighting) sign up for a site that will pay you to read emails during the course of the day. You will simply get links to scan over different websites and read through miscellaneous text. This will not take you a lot of time and can pay great benefits in the long run.

    BalasHapus

 

Teknik Informatika

Mata Kuliah

Kuliah Informatika

.